Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/244
Title: PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HIKAYAT SISWA KELAS X SMA UISU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Authors: AGUSTINA, DWI
Keywords: Hasil belajar siswa materi hikayat dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give
Student learning outcomes of saga material using the Take and Give learning model
Issue Date: 11-Oct-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115050068;7115050068
Abstract: ABSTRAK PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HIKAYAT SISWA KELAS X SMA UISU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Dwi Agustina NPM: 7115050068 Email: dwiagustina0707@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Take And Give yang diajar dalam materi hikayat pada siswa kelas X SMA Swasta UISU Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA dan X IPS SMA UISU Medan yang terdiri dari 73 orang siswa tersebar dalam 2 kelas pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang terdapat pada kelas eksperimen diajar dengan menggunakan Model Take And Give adalah 85,40 dengan simpangan baku 4,70 dan 29 siswa yang tuntas (78,38%), sedangkan nilai rata di kelas kontrol yang menggunakan model Discovery adalah 68,8 dengan simpangan baku 7,08 dan 20 siswa yang tuntas (55,55 %) nilai KKM pada pelajaran Bahasa Indonesia adalah 70. Berdasarkan uji hipotesis Jika harga thitung dibanding dengan harga ttabel ternyata thitung> ttabel ( 4,22>3,93). Dapat di nyatakan hipotesis nilai (H0) ditolak dan hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model Take And Give pada materi hikayat di kelas X SMA UISU Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kata kunci: Hasil belajar siswa materi hikayat dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give . ABSTRACT THE EFFECT OF TAKE AND GIVE MODELS ON LEARNING RESULTS MATERIALS OF CLASS X STUDENTS OF UISU MEDAN HIGH SCHOOL LEARNING YEAR 2019/2020 Dwi Agustina NPM: 7115050068 Email: dwiagustina0707@gmail.com This study aims to find out the differences in student learning outcomes using the Take And Give learning model taught in saga material in class X students of UISU Medan Private High School in 2019/2020 Academic Year.The population in this study were all students of class X IPA and X IPS of SMA UISU Medan consisting of 73 students spread over 2 classes of sampling conducted by Total Sampling technique The average value of student learning outcomes contained in the experimental class taught using the Take And Give Models was 85.40 with a standard deviation of 4.70 and 29 students who completed (78.38%), while the average value in the control class using the model Discovery was 68.8 with a standard deviation of 7.08 and 20 students who completed (55.55%) the KKM score in Indonesian Language lessons was 70.Based on a hypothesis test If the price of t arithmetic compared with the price of ttable turns out tcount> ttable (4.22> 3.93). It can be stated that the value hypothesis (H0) is rejected and the hypothesis Ha is accepted. Thus it can be concluded that there are significant differences in student learning outcomes using the Take And Give model for saga material in class X of UISU Medan High School in 2019/2020 Academic Year. Keywords: Student learning outcomes of saga material using the Take and Give learning model.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/244
Appears in Collections:Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dwi Agustina.pdf89.93 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.