Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/242
Title: PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATERI AKULTURASI KEBUDAYAAN NUSANTARA DAN HINDU- BUDDHA KELAS X SMA SINGOSARI DELI TUA
Authors: SURYANI, RANILIA
Keywords: media visual, hasil belajar, akulturasi kebudayaan
visual media, learning outcomes, cultural acculturation
Issue Date: 14-Oct-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115050035;7115050035
Abstract: Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Materi Akulturasi Kebudayaan Nusantara Dan Hindu-Buddha Kelas X SMA Singosari Deli Tua RANILIA SURYANI E-Mail: Raniliasuryani273@gmail.com Proses pembelajaran di dalam kelas menentukan tingkat keberhasilan siswa. Guru harus merencanakan dan menetapkan strategi yang digunakan agar siswa lebih termotivasi dalam belajar, dalam hal ini media pembelajaran seperti media visual diharap dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian dengan judul “ Pengaruh Media Visual Terhadap hasil Belajar Sejarah Pada Materi Akulturasi Kebudayaan Nusantara Dan Hindu-Buddha Kelas X SMA Swasta Singosari Deli Tua”, memiliki rumusan masalah bagaimana penggunaan media Visual dalam proses pembelajaran sejarah, bagaimana pengaruh penggunaan media visual dan bagaimana hasil belajar setelah menggunakan media visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa sajakah media visual yang digunakan, dan mengetahui pengaruh dan hasil belajar sejarah di SMA Swasta Singosari Deli Tua.Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Desaign atau penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel- variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Data akan dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa media visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan Thitung pada Postes = 6,534 dengan Ttabel = 2,048, sehingga dapat dibandingkan Thitung > Ttabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan media visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan metode ceramah. Kata kunci: media visual, hasil belajar, akulturasi kebudayaan The Influence Of Visual Media On The History Of Learning Outcomes On The Material Acculturation Of The Archipelago And Hindu-Buddha Culture Class X SMA Singosari Deli Tua RANILIA SURYANI E-Mail: Raniliasuryani273@gmail.com The learning process in the classroom determines The level of student success. The Teacher must Plan And determine the strategies used so that students are more motivated in learning, in this case learning media such as visual media are expected to help students understand the material delivered by the teacher in the learning process. The study with the tittle “The Effect Of Visual Media On Historical Learning Outcomes On Archipelago And Hindu-Buddhist Culture Acculturation Materials In Class X SMA Singosari Deli Tua”, has the problem formulation of how to use visual media and how learning outcomes after using visual media. The purpose of this study is to find out what visual media are used, and determine the effect and learning outcomes of history in SMA siingosari deli tua.This study uses the Quasi Experimental Desaign method or research that has a control Group, but cannot function fully to Control the variables outside that affects the implementation of the experiment. Data will be analyzed through normality test, homogeneity, and hypothesis testing.Based on the data analysis, it was concluded that visual media influences student learning outcomes based on the Tcount in postest 6,534 with Ttable 2,048, so that it can be compared Tcount > Ttable means that Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that learning outcomes using visual media are better than learning outcomes with the lecture method. Keywords: visual media, learning outcomes, cultural acculturation
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/242
Appears in Collections:Pendidikan Sejarah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RANILIA SURYANI.pdf69.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.