Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/231
Title: PEMANFAATAN MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PADA MATERI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM INDONESIA DI SMA SWASTA SINGOSARI DELI TUA
Authors: SYAFITRI, HENY RAHMADANI
Keywords: Media Internet, Minat Belajar Sejarah
Internet Media, Interest in Learning History
Issue Date: 24-Oct-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: 7115050107;7115050107
Abstract: Pemanfaatan Media Internet Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Materi Kerajaan-Kerajaan Islam Indonesia di SMA Swasta Singosari Deli Tua HENY RAHMADANI SYAFITRI Email : Henyrahmadani54@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pemanfaatan media internet terhadap minat belajar sejarah pada materi kerajaan- kerajaan islam Indonesia. Tempat penelitian dilakukan di SMA Swasta Singosari Deli Tua. Populasi dalam penelitian ini SMA kelas X dan sampelnya kelas X IPS 1. Penetapan jumlah sampel penelitian berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto, bahwa jumlah populasi kurang dari 100 sebaiknya diambil semua. Instrumen penelitian yang digunakn untuk menjaring data penelitian adalah angket tertutup. Diuji cobakan pada 29 orang siswa kelas x. angket ini telah teruji validitas dan reabilitas. Artinya hanya butir angket yang lolos dari hasil uji coba yang digunakan untuk menjaring data penelitian. Hasil uji coba menyimpulkan untuk instrumen variabel media internet (x) diuji cobakan 29 butir dan memenuhi syarat validitas sedangkan instrument variable minat belajar diuji cobakan 31 butir dan memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah. Mengunakan uji hipotesis t. dalam teknik analisis data, data kedua penelitian tersebut berdistribusi normal, yaitu 6.379 < 40,113 dan 5, 034 < 40,113. Hasil penelitian uji determinasi R2 yaitu 0,997 hal tersebut memberi pengaruh signifikan pemanfaatan media terhadap minat belajar sebesar 99,7% selain itu uji t parsial menunjukkan thitung > ttabe berdasarkan uji t Parsial 98,474 < 1.70329 Kata Kunci: Media Internet, Minat Belajar Sejarah. i Internet Media Utilization of interest in learning History on The Materials Of Indonesian Islamic Kingdoms in The Private SMA Singosari Deli Tua HENY RAHMADANI SYAFITRI Email : Henyrahmadani54@gmail.com This study aims to determine how much the contribution of the use of internet media to the students’ interest in leaning history especially in Indonesia Islamic empires material. This study was conducted at Singosari Deli Tua Privad High School. The population in this study was class XI high School and the sample was class XI Ips 1. The determination of the number of research sample based on Suharsimi Arikunto’s opinion, ‘’when the total population is less than 100, shoul all be taken’’. The research instrument that used to capture research data was a closed questionnaire. Tested on 29 students of class XI. This questionnaire has been tested for validity and reliability. This means that only the questionnaire item that passed the trial results were used to capture the research data. The result of the trial concluded that the instrument for internet media variable (x) was tested on 29 items and fulfilled the validity requirements. The data analysis technique used to test the research hypothesis was using the hypothesis test. In data of both stdies were normally distributed, namely 6,379<40,113 and 5,034<40,113. The result of R2 deternination test that was 0.997, it gave a significant influence on the use of media on learning interest of 99.7% besides the partial t test show tcount> ttable based on partial t test 98,474 < 1.70329. Keywords: Internet Media, Interest in Learning History
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/231
Appears in Collections:Pendidikan Sejarah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HENY RAHMADANI SYAFITRI.pdf69.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.