Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/227
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFRASTIKA, EVI-
dc.date.accessioned2020-06-18T03:57:47Z-
dc.date.available2020-06-18T03:57:47Z-
dc.date.issued2018-10-25-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/227-
dc.description.abstractABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DI SMA AL WASLIYAH 1 MEDAN T.A 2019/2020 Evi Frastika (7115050022) Email : evifchiminie@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran matematika terhadap keterampilan metakognitif siswa di SMA Al Wasliyah 1 Medan. (2) pengaruh konsep diri terhadap keterampilan metakognitif siswa di SMA Al Wasliyah 1 Medan. (3) pengaruh model pembelajaran matematika dan konsep diri terhadap keterampilan metakognitif siswa di SMA Al Wasliyah 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI SMA Al Wasliyah 1 Medan yang berjumlah 88 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 siswa pada kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini eksperimen semu. Desain yang digunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes pada awal dan akhir pembelajaran, setelah validasi angket, dan tes berbentuk esai dinyatakan memiliki reliabilitas yang tinggi. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dan uji Homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pemebalajaran matematika dan konsep diri berpengaruh positif terhadap keterampilan metakognitif, hasil ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dari masing-masing bernilai positif, seperti yang terlihat pada persamaan regresi linier ganda: Y = 41,548+0,222X_1+0,255X_2. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat diperoleh bahwa: (1) model pembelajaran matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan metakognitif. Berdasarkan uji t diperoleh thitung = 4,318> ttabel = 1, 1,701, (2) konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan metakognitif. Berdasarkan uji t yang diperoleh thitung = 4,116 > ttabel = 1, 1,701, (3) model pembelajaran matematika dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan metakognitif. Berdasarkan uji f yang diperoleh Fhitungs= 15,353 > Ftabel= 3,340. Kata Kunci: Problem Based Learning, Konsep Diri, Keterampilan Metakognitif ABSTRACT EFFECT OF MATHEMATICS LEARNING MODELS AND SELF CONCEPTS ON STUDENTS METACOGNITIVE SKILLS IN SMA AL WASLIYAH 1 MEDAN A.Y 2019/2020 Evi Frastika (7115050022) Email : evifchiminie@gmail.com This study aims to determine: (1) the effect of the mathematics learning model on students' metacognitive skills at Al Wasliyah 1 Medan High School. (2) the effect of self-concept on students' metacognitive skills at Al Wasliyah 1 Medan High School. (3) the effect of the mathematics learning model and self-concept on the metacognitive skills of students in Al Wasliyah 1 Medan High School. The population in this study was all students of class XI of Al Wasliyah 1 Medan, totaling 88 students. The sample in this study were 60 students in class XI IPA-1 and XI IPA-2 with a purposive sampling technique. The method in this research is quasi-experimental. The design used is nonequivalent control group design. Data collection techniques using questionnaires and tests at the beginning and end of learning, after questionnaire validation, and essay-shaped tests were declared to have high reliability. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that the mathematical learning model and self-concept had a positive effect on metacognitive skills, this result can be seen from the regression coefficient values of each positive value, as seen in the multiple linear regression equation: Y = 41,548+0,222X_1+0,255X_2. Based on the analysis and discussion it can be obtained that: (1) the mathematics learning model has a positive and significant effect on metacognitive skills. Based on the t test obtained tcount = 4,318> ttable = 1,701, (2) self-concept has a positive and significant effect on metacognitive skills. Based on the t test obtained tcount = 4,116> ttable = 1,701, (3) the mathematics learning model and self concept together have a positive and significant effect on metacognitive skills. Based on the f test obtained Fhitungs= 15,353 > Ftabel= 3,340. Keywords : Problem Based Learning, Self Concept, Metacognitive Skillsen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseries7115050022;7115050022-
dc.subjectProblem Based Learning, Konsep Diri, Keterampilan Metakognitifen_US
dc.subjectProblem Based Learning, Self Concept, Metacognitive Skillsen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DI SMA AL WASLIYAH 1 MEDAN T.A 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Evi Frastika .pdf198.32 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.