Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/224
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnnurul Ps, Muktabar-
dc.date.accessioned2020-06-18T03:42:20Z-
dc.date.available2020-06-18T03:42:20Z-
dc.date.issued2019-04-12-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/224-
dc.description.abstractABSTRAK PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA Muktabar Annurul Ps Email : muktabarannurul11@gmail.com penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran matematika yang mencakup rencana pelajaran dan lembar kerja peserta didik berdasarkan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan eksponen dan logaritma untuk sma kelas X 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru matematika. perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata total skor 193,5 untuk RPP dan 273,5 untuk LKPD. Berdasarkan pada hasil pengisian angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria praktis dalam penggunaannya dengan rata-rata total skor 80,73. Sedangkan, berdasarkan pada hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik dengan persentase ketuntasan mencapai 90%. Kata kunci: guided inquiry, perangkat pembelajaran, pemecahan masalah ABSTRACT DEVELOPING MATHEMATICS LEARNING MATERIAL BASED ON GUIDED INQUIRY TO IMPROVE PROBLEM SOLVING ABILITIES IN SMA N 1 SIBOLGA Muktabar Annurul Ps Email : muktabarannurul11@gmail.com This study aims to develop mathematics learning material that includes lesson plans and student worksheets based on guided inquiry approaches to improve problem solving abilities. This type of research project is a research and development with ADDIE model, which consists of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research produces mathematics learning tools in the form of RPP and LKPD based on guided inquiry on the subject of exponents and logarithms for high school grade X 3. The results of the study show that based on the assessment of expert lecturers and mathematics teachers. developed learning tools meet very valid criteria with an average total score of 193.5 for RPP and 273.5 for LKPD. Based on the results of filling out the student response questionnaire it can be concluded that the learning device developed has practical criteria for its use with an average total score of 80.73. Meanwhile, based on the results of the evaluation test of learning outcomes it can be concluded that the developed learning device has a very good level of effectiveness with the percentage of completeness reaching 90%. Keywords: guided inquiry, learning material, problem solvingen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.subjectguided inquiry, perangkat pembelajaran, pemecahan masalahen_US
dc.subjectguided inquiry, learning material, problem solvingen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMA NEGERI 1 SIBOLGAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Matematika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muktabar Annurul Ps.pdf10.44 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.