Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2209
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNASUTION, SITI HAMIDAH-
dc.date.accessioned2023-09-22T03:15:23Z-
dc.date.available2023-09-22T03:15:23Z-
dc.date.issued2023-09-22-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2209-
dc.description.abstractABSTRAK SITI HAMIDAH NASUTION. NPM : 71190211005, Judul : Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari Eksistensi akhlak semakin memburuk seiring dari waktu ke waktu terutama di kalangan generasi bangsa, dari hal ini nampaknya perlu diadakan penelitian lebih jauh mengenai akhlak peserta didik. Penelitian yang berkenaan dengan akhlak yang diambil dari KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari akan membantu mengatasi permasalahan ini. Mengingat beliau salah satu tokoh dalam pendidikan Islam yang banyak sekali memberikan sumbangan pemikiran yang mengarahkan peserta didik agar berkarakter dengan baik. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari dalam proses menuntut ilmu dan belajar mengajar baik itu dari pendidik dan peserta didik, selain itu penelitian ini bertujuan pula untuk mengetahui tentang biografi KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari beserta karya-karyanya. Sesuai dengan judul yang diangkat, penelitian ini merupalkan sebualh penelitian Pustalka (libralry resealrch), dengaln menggunalaln metode alnallisis isi (content alnallisi) yalitu dimalnal teknis alnallisis merupalkaln teknik kesimpulaln dalri sebualh buku altalu dokumen. Aldalpun tujualn dalri penelitialn ini untukl memperoleh pengetalhualn tentalng Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari, halsil penelitialn ini menunjukkaln balhwa Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari lmeliputi alkhlalk merupalkaln hall yalng palling utalmal. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep akhlak peserta didik menurut KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari, yaitu: Akhlak peserta didik terhadap dirinya sendiri, yang meliputi membersihkan hati dari akhlak tercela, memiliki niat yang baik, memaksimalkan waktu belajar, bersikap disiplin waktu belajar, dan meninggalkan pergaulan yang tidak bermanfaat. Akhlak peserta didik terhadap pendidik, meliputi: melakukan istikharah untuk mencari pendidik, memilih pendidik yang memiliki keahlian dan pengalaman, patuh dan bertatakrama terpuji, selalu memuliakan, menunaikan hak-haknya yang menjadi kewajiban peserta didik, berpikir positif, disiplin ketika hendak bertemu atau satu ruangan dengan pendidik, menunjukkan sikap senang dan semangat belajar, bersikap disiplin dalam perbuatan dan perkataan. Konsep akhlak peserta didik menurut pemikiran KH. Muhammad Hasyim Asy' Ari yang tertuang dalam kitabnya, sangat relevan dengan pendidikan. Kata kunci: Konsep, Pendidikan Islam, KH. Muhammad Hasyim Asy'Arien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230548;71190211005-
dc.subjectKonsep, Pendidikan Islam, KH. Muhammad Hasyim Asy'Arien_US
dc.titleKONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT KH. MUHAMMAD HASYIM ASY’ARIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography602.51 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract118.08 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II613.56 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V492.05 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.