Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2186
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR, MHD. AULYA IDHAM Z .-
dc.date.accessioned2023-09-21T04:02:02Z-
dc.date.available2023-09-21T04:02:02Z-
dc.date.issued2023-09-21-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2186-
dc.description.abstractABSTRAK MHD AULYA IDHAM Z NUR. NPM : 71190211116, Judul : RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBN KHALDUN DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA, Dibimbing oleh: Drs. Ramlan Padang MA, sebagai Pembimbing I, dan Dr. H. Nahar A. Abdul Ghani Lc., MA sebagai Pembimbing II, Skripsi : 2023 Skripsi ini berjudul Relevansi Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Khaldun Dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Pendidikan Islam yang ada selama ini lebih tampak sebagai sebuah praktek pendidikan dan bukan sebagai ilmu dalam arti ilmu yang memiliki struktur bahasan dan metodologi penelitian sendiri. Lambannya pertumbuhan dan perkembangan ilmu pendidikan Islam itu bukan hanya terjadi pada saat ini tapi juga di masa lalu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetalhui konsep pendidikan Islam menurut Ibn Khaldun serta ingin mengetahui bagaimana relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dengan sumbersumber yang berasal dari buku karangan Ibn Khaldun serta dari buku, artikel, jurnal dan lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Dari hasil penelitian ini didapat bahwasanya konsep pendidikan Islam menurut Ibn Khaldun terdiri dari enam konsep yakni hakikat manusia, tujuan pendidikan Islam, kurikulum, metode pendidikan, pendidik dan peserta didik, dan lingkungan pendidikan. dan juga didapatkan dari hasil penelitian ini bahwa konsep pendidikan islam menurut Ibnu Khaldun masih memiliki relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia saat ini yang dapat dilihat dari hubungan interaktif yang bernilai edukatif antara pendidik dan anak didik dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : pendidikan islam,pendidikan islam Indonesia, Ibn Khaldunen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230528;71190211116-
dc.subjectpendidikan islam,pendidikan islam Indonesia, Ibn Khaldunen_US
dc.titleRELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBN KHALDUN DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography67.2 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract42.27 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II327.88 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V210.89 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.