Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2182
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR, M RIDHONA Z-
dc.date.accessioned2023-09-21T03:44:51Z-
dc.date.available2023-09-21T03:44:51Z-
dc.date.issued2023-09-21-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2182-
dc.description.abstractABSTRAK M RIDHONA Z NUR. NPM : 71190211117, Judul : Konsep Pendidikan Anak Dalam Pengembangan Akhlak Perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah, Dibimbing oleh: Parlaungan Lubis, S.Pd.I, MA, sebagai Pembimbing I, dan Drs.H.Zulkarnaen Guchi, MA sebagai Pembimbing II, Skripsi : 2023 Skripsi ini berjudul Konsep Pendidikan Anak dalam Pengembangan Akhlak Perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah. Pendidikan yang baik berawal dari keluarga , Perkembangan Akhlak pada anak dimulai pembentukannya melalui pembiasaan dimasa kanak-kanak, karena anak akan berkembang sesuai dengan pembiasaan yang diajarkan pengasuhnya atau orang tuanya sejak kecil, kebanyakan anak akhlaknya bengkok akibat kesalahan pola pendidikannya sejak kecil. Untuk itu Islam memberikan petunjuk kepada orang tua agar memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetalhui konsep pendidikan anak menurut perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah serta ingin mengetahui bagaimana implikasinya terhadapat pengembangan akhlak anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dengan sumbersumber yang berasal dari buku buku karangan Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah serta dari buku, artikel, jurnal dan lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Dari hasil penelitian ini didapat bahwasanya pendidikan anak menurut Ibnu Qoyyim AlJauziyyahadalah pendidikan yang tidak hanya memperhatikan akal pikiran saja, melainkan memperhatikan seluruh unsur yang ada dalam tubuh anak. Seperti yang dikemukakan oleh Ibnu Qoyyim ada 7, yaitu : 1) Tarbiyah Imaniyyah (Iman) ,2) Tarbiyah Ruhiyyah ( Jiwa ), 3) Tarbiyah Fikriyyah (Akal), 4) Tarbiyah Khuluqiyah (Akhlak ), 5) Tarbiyah Ijtima’iyah (sosial), 6) Tarbiyah Badaniyah (Fisik), 7) Tarbiyah Jinsiyah ( Seks ), dan juga didapatkan dari hasil penelitian ini bahwa konsep pendidikan anak berdasarkan perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah berimplikasi pada pengembangan akhlak anak tersebut pada masa dewasanya. Kata Kunci : pendidikan anak, akhlak, Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230524;71190211117-
dc.subjectpendidikan anak, akhlak, Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyahen_US
dc.titleKONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PENGEMBANGAN AKHLAK PERSPEKTIF IBNU QOYYIM AL- JAUZIYYAHen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover,Bibliography.pdfCover, Bibliography646.84 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract254.84 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II595.33 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V857.84 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.