Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1821
Title: IMPLEMENTASI PROGRAM BRILINK GUNA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan)
Authors: Nasution, Bella Olyza
Keywords: Implementasi, Program BRILink
Implementation, BRILink Program
Issue Date: 4-Feb-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU230165;
Abstract: ABSTRAK Oleh : Bella Olyza Nasution NPM : 71180611007 PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA Fenomena yang terjadi di Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Dengan adanya layanan BRILink tidak menjamin bahwa masyarakat tahu dan langsung menggunakan layanan BRILink untuk melakukan transaksi perbankan. Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat mulai menyadari akan kelebihan layanan dari layanan BRILink. Salah satunya karena jarak tempat tinggal dengan bank cukup jauh. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implementasi program BRILink terhadap peningkatan pelayanan masyarakat dan Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan BRILink. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1). Layanan BRILink Di Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan 2). Bagaimana Penerapan BRILink di Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Layanan BRILink di Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan yaitu layanan yang jenis transaksinya berupa transfer, pembelian token listrik, pembayaran tagihan, dan pembayaran uang sekolah atau kuliah. Belum berjalan secara optimal dikarenakan tidak adanya Fitur EDC dari Bank BRI 2.Menurut masyarakat BRILink dapat memudahkan dan mempercepat ketika masyarakat ingin melakukan transaksi perbankan. Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke bank dengan menghabiskan biaya dan waktu untuk melakukan transaksi. 3. Dengan adanya BRILink Agen mendapatkan keuntungan dari nasabah yang bertransaksi. Kesimpulan dari penelitian ini Layanan BRILink di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan yaitu layanan Mini yang jenis transaksinya berupa transfer Layanannya sesuai dengan syarat untuk menjadi Agen BRILink. Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke bank dengan menghabiskan biaya dan waktu untuk melakukan transaksi. Penerapan Program BRILink sangat diterima masyarakat yaitu masyarakat tidak perlu lagi bertransaksi di Bank BRI maupun di Bank lain dan prosesnya juga cepat, dan mudah. Beroperasi setiap hari dan di hari libur. Keyword (Kata Kunci) : Implementasi, Program BRILink ABSTRACT By : Bella Olyza Nasution NPM : 71180611007 STATE ADMINISTRATIVE SCIENCE STUDY PROGRAM The phenomenon that occurred in Tembung Village, Percut Sei Tuan District, with the BRILink service does not guarantee that the public knows and immediately uses BRILink services to conduct banking transactions. However, over time, people began to realize the advantages of BRILink services. One of them is because the distance from where you live to the bank is quite far. The formulation of the problem in this study is to find out how the implementation of the BRILink program in improving community services and the factors supporting and inhibiting BRILink services. This study aims to find out how 1). BRILink Service in Tembung, Percut Sei Tuan District 2). How to Apply BRILink in Tembung, Percut Sei Tuan District. The results show: 1. BRILink services in Tembung, Percut Sei Tuan District, are services whose types of transactions are transfers, purchase of electricity tokens, bill payments, and payment of tuition or college fees. It has not run optimally due to the absence of the EDC feature from Bank BRI 2. According to the community, BRILink can make it easier and faster when people want to do banking transactions. People no longer need to go all the way to the bank by spending money and time to make transactions. 3. With the existence of BRILink Agents get benefits from customers who transact. The conclusion of this study is that the BRILink service in Tembung Village, Percut Sei Tuan District, is a Mini service whose type of transaction is in the form of transfer of services in accordance with the requirements to become a BRILink Agent. People no longer need to go all the way to the bank by spending money and time to make transactions. The implementation of the BRILink Program is highly accepted by the community, namely that people no longer need to transact at BRI Bank or at other banks and the process is also fast, and easy. Operates daily and on holidays Keyword : Implementation, BRILink Program
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1821
Appears in Collections:Ilmu Administrasi Negara

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography612.63 kBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract91.96 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II297.92 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V265.45 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.