Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1812
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Melina Ragil-
dc.date.accessioned2023-02-04T04:35:19Z-
dc.date.available2023-02-04T04:35:19Z-
dc.date.issued2023-02-04-
dc.identifier.urihttp://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1812-
dc.description.abstractABSTRAK PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PBL(PROBLEM BASED LEARNING) PADA KAJIAN LAJU REAKSI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BINJAI Oleh Melina Ragil Nasution 71180517006 Email : melinaragilnst08@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis problem based learning untuk melihat hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Binjai. Peneliti membuat sebuah video pembelajaran pada kajian laju reaksi yang didesain dan dapat dijadikan sebagai alat pendukung pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Validasi video pembelajaran dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan juga ahli kepraktisan oleh guru kimia serta dosen, dengan memberikan angket validasi. Setelah dilakukan uji kelayakan, kemudian melihat hasil belajar siswa dengan memberikan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai sebesar 0,69 dengan kategori “Berefek Tinggi”. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan video pembelajaran pada kajian laju reaksi secara keseluruhan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Problem Based Learning, Powtoon, Laju Reaksi, dan Hasil Belajar. iv ABSTRACT APPLICATION OF VIDEO BASED LEARNING PBL (PROBLEM BASED LEARNING) IN THE STUDY OF THE REACTION RATE USING THE POWTOON APPLICATION ON THE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES OF SMA NEGERI 2 BINJAI By : Melina Ragil Nasution 71180517006 Email: melinaragilnst08@gmail.com This study aims to produce problem-based learning-based learning videos to see student learning outcomes. The samples used were students of class XI IPA 1 SMA Negeri 2 Binjai. Researchers make a video Learning in the study of reaction rates that are designed and can be used as a learning support tool. The method used in this research is experiment. The validation of the learning video was carried out by three experts, namely material experts, media experts and also practical experts by chemistry teachers and lecturers, with Provide a validation questionnaire. After the feasibility test has been carried out, then see Student learning outcomes by giving pretest before treatment and posttest After treatment. Student learning outcomes show a value of 0.69 with “High Effect” category. This shows that the research conducted With learning videos on the overall reaction rate study can Used to improve studen learning outcomes. Keywords: Learning Video, Problem Based Learning, Powtoon, Rate Reaction, and Learning Outcomes. ven_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utaraen_US
dc.relation.ispartofseriesUISU230185;-
dc.subjectVideo Pembelajaran, Problem Based Learning, Powtoon, Laju Reaksi, dan Hasil Belajar.en_US
dc.subjectLearning Video, Problem Based Learning, Powtoon, Rate Reaction, and Learning Outcomes.en_US
dc.titlePENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PBL(PROBLEM BASED LEARNING) PADA KAJIAN LAJU REAKSI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 BINJAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography8.02 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract438.43 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I,II.pdfChapter I,II766.76 kBAdobe PDFView/Open
Chapter III,IV,V.pdf
  Restricted Access
Chapter III,IV,V990.09 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.