Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1114
Title: PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN METODE JIGSAW MENGGUNAKAN MODUL SAINTIFIK PADA MATERI HUKUM HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMA
Authors: Tafonao, ND. Berijaya
Keywords: learning tools, lesson plans and scientific-based MODULE, basis laws of chemistry, class Xsenior High School.
Perangkat pembelajaran, RPP dan MODUL berbasis saintifik, Hukum hukum dasar kimia, kelas X Sekolah Menengah Atas
Issue Date: 25-Jan-2022
Publisher: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara
Series/Report no.: UISU210473;
Abstract: Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan yang menunjukan guru masih kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk perangkat pembelajaran berupa RPP dan MODUL berbasis saintifik untuk materi hukum hukum dasar kimia siswa kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan penelitian ini (1) analisis kebutuhan, (2) penelitian dan pengumpulan data, (3) pengembangan produk awal, (4) evaluasi, (5) revisi, (6) penyempurnaan produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk memvalidasi kualitas perangkat pembelajaran berbasis saintifik oleh pakar pembelajaran dan guru kelas X Sekolah Menengah Atas.Perangkat pembelajaran berbasis saintifik ini dilakukan dengan pengujian atas keterpakain RPP yang dibuat oleh peneliti dan dapat digunakan oleh siswa kelas X serta dikembangkan dengan sangat baik dan layaknya digunakan berdasarkan validasi pakar pembelajaran ahli materi dengan skor 83% dan pakar media dengan skor 82%. Penilaian perangkat pembelajaran berbasis saintifik sangat layak digunakan berdasarkan validasi guru kelas X dengan skor 85%.
URI: http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/1114
Appears in Collections:Pendidikan Kimia

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Bibliography.pdfCover, Bibliography2.41 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdfAbstract89.96 kBAdobe PDFView/Open
Chapter I.pdfChapter I180.97 kBAdobe PDFView/Open
Chapter II, III, IV, V.pdf
  Restricted Access
Chapter II, III, IV, V966.26 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.